Lembaran Observasi (Pengamatan)Sikap Siswa
ketika proses pembelajaran secara kelompok
A.
Pengamatan perilaku
Penilaian afektif dapat dilakukan ketika
proses pembelajaran secara kelompok untuk mengobservasi perilaku siswa, dengan
menggunakan format berikut ini
Contoh Format Lembar Pengamatan
No
|
Nama
|
INDIKATOR SIKAP DAN NOMOR INDIKATOR
|
Nilai
Rata-rata
|
|||||||
Kerajinan
|
Kedisiplinan
|
Kejujuran
|
Kesopanan
|
Kerjasama
|
Kepedulian
|
Tanggung
Jawab
|
Menghormati
Pen. Teman
|
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Penilaian
·
Kriteria skor : 1 = sangat kurang
2 = kurang/ jarang
3 = cukup
4 = baik/ sering
5 = sangat baik/ sangat sering
·
Kriteria Penilaian :
15 –
20 = sangat kurang (SK)
21 –
25 = kurang (K)
26 –
30 = cukup (C)
31 –
35 = baik (B)
36 –
40 = sangat baik (SB)
Jumlah nilai tertinggi adalah 40
didapat dari 5 (nilai tertinggi setiap perilaku) x 8 (8 macam perilaku yang
dinilai).
Mengetahui
Pekanbaru juli
2011
Kepala Man 1 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Dra. Hj. Hayatirruh, M.Ed Mirna
Desmayanti,S.Pd
NIP. 19680112 199303 2 003 Nip.197011102007012031
Lembaran Kerja Siswa(LKS)
Kelompok Asal
Nama Sekolah :Madrasah
Aliyah Negeri 1 Pekanbaru
Kelas :X
Nama Kelompok :Kelompok
Ahli 1,2,3,4
Anggota Kelompok :1
:2
:3
:4
:5
:6
:7
:8
Standar Kompetensi :Memahami
hakikat bangsa dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
Materi pokok ;
Bangsa dan Negara
Kompetensi dasar :
Bangsa dan negara :(KD.1.1) kel ahli 1
o
manusia
sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
o Pengertian
dan unsur terbentuknya bangsa
o Pengertian
Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah
yang berdaulat
-
Pengakuan dari negara lain
Negara dan Bentuk-bentuk KeNegara.(KD.1.2)kel
ahli 2
o
Hakikat negara
o
Asal mula terjadinya negara
o
pentingnya
pengakuan suatu negara dari negara lain
Bentuk- bentuk kenegaraan
Fungsi
dan Tujuan NKRI(KD.1.3) kel ahli 3
o
Pengertian
fungsi dan tujuan negara secara universal
o
Pengertian
dan tujuan NKRI
o
Perbandingan
berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Semangat Kebangsaan (KD.1.4) kel ahli 4
o
Semangat
kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
-
Makna nasionalisme
-
Makna patriotisme
o
Macam-macam
perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
o
Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme
dalam kehidupan
CATATAN : SETIAP KELOMPOK ASAL TUGAS
SAMA
Mengetahui
Pekanbaru
11juli 2011
Kepala Sekolah Man 1
Pekanbaru Guru mata pelajaran
Dra.Hj Hayatirruh M.E d Mirna Desmayanti,S.Pd
NIP. 19680112 199303 2 003 Nip.197011102007012031
Tidak ada komentar:
Posting Komentar