Rabu, 16 Mei 2012

RPP KLS XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP

        
         1.      Nama Sekolah                   :     Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru
         2.      Mata Pelajaran                  :     PKn
         3.      Materi Pokok                    :     Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
         4.      Kelas/Program                   :     XII
         5.      Pertemuan Minggu ke       :     1 dan 2
         6.      Alokasi Waktu                  :     6 x 45 (6 jam pelajaran)

STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
         1.      Standar Kompetensi
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
         2.      Kompetensi Dasar
                  1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagi ideologi terbuka

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
Menguraikan fungsi Pancasila
Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara
Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan

Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa

Religius, jujur, toleransi, kerja keras,  demokratis,  semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai p bersahabat, cinta damai,  peduli sosial, tanggung jawab

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

 TUJUAN PEMBELAJARAN  :
Tujuan pokok pembelajaran adalah agar siswa mampu dan dapat :
·   Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
·   Menguraikan fungsi Pancasila
·   Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara
·   Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
·   Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
·   Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
·   Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
·         Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
·         Siswa dapat Menguraikan fungsi Pancasila

STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.

A.    Kegiatan Awal

Mengajak semua siswa berdo’a
Mengecek kehadiran siswa
Membuka pelajaran dengan melakukan pretest secara lisan
-  Mendeskripsikan secara singkat bahan ajar dan menginformasikan indicator serta tujuan pembelajaran yang akan di capai,dalam bentuk motivasi belajar siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, kerja keras,  demokratis,  semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai p bersahabat, cinta damai,  peduli sosial, tanggung jawab

2.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
F Menguraikan fungsi Pancasila
F Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara
F Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
F Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
F Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
F Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F Berdiskusi mengenai makna Pancasila sebagai ideologi terbuka.
F Diskusi Kelompok tentang Pancasila sebagai dasar negara
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan Pancasila sebagi ideologi terbuka
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
·         Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi
-  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
10
-  Pengendalian diri


Sumber,alat,media pembelajaran
         1.      Buku Paket PKn Kelas XII
         2.      UUD 1945 yang Telah Diamandemen
         3.      Buku-Buku Sumber yang Relevan
         4.      Lembar Kerja Siswa
         5       Infokus

PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
Non tes(lisan)
Lembaran soal
1.Jelaskan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
2.Dimana rumusan Pancasila sebagai dasar negara dicantumkan
3.Tanggal berapakah Pancasila sebagai dasar negara disahkan

Jawaban          1.Rumusan Pancasila sebagai dasar negara dirumuskan dalam sidang BPUPKI
                          Pertama tanggal 29 mei-1 juni 1945.
                        2.Rumusan Pancasila terdapat pada Pembukaan UUD 1945
                        3.Tanggal 18 Agustus 1945.
Tindak lanjud siswa diminta menggumpulkan tugas perbaikan setelah diskusi ,diserahkan dalam bendut makalah dengan ditempatkan dalam CD diserahkan minggu berikut.
        

Mengetahui,                                                                            Pekanbaru,  juli 2012
Kepala Sekolah MAN 1 Pekanbaru                                        Guru bidang studi

Dra.Hj.Hayatirruh.M.Ed                                                         Mirna Desmayanti,S.Pd
Nip:19680112 1993 03 2 003                                                 Nip.197011102007012031

                                                           





Tidak ada komentar:

Posting Komentar