Rabu, 16 Mei 2012

RPP KLS X (HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah           :  Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru
Mata Pelajaran          :  Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Materi Pokok             :  Bangsa Dan Negara
Kelas   / Semester       :  X / I                     
Pertemuan                 : 1
Alokasi Waktu           :  2 x 45’

Standar Kompetensi  
1.      Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Kompetensi Dasar   
1.1      Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara.

Indikator   
-          Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
-          Meguraikan pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
-           Menganalisis pengertian Negara dan unsur terbentuknya negara
-          Menginformasikan kepada siswa sejarah keberadaan manusia secara individu sekaligus menjadi mahluk sosial ,dalam lingkungan kecil sampai besar di sebuah tempat/wilayah melalui film./media  
          
Nilai PBKB-Religlus
- Jujur
- Demokratis
- Cinta Tanah Air

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)


I.     Tujuan Pembelajar
1.Siswa dapat Mengkaji dari berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu
2.Siswa dapat mengkaji dari berbagai sumber tentang kedudukan manusia sebagai  makhluk sosial.
3.Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur pengertian  unsur terbentuk-nya bangsa
4.Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur pengertian Negara
5.Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur unsur terbentuknya negara
6.Siswa dapat mengambarkan bagai mana pemerintahan yang berdaulat
7.Siswa dapat mengambarkan bagaimana pengakuan dari negara lain

II.  Materi Pembelajaran (Materi Pokok) :
     Bangsa dan negara
o      manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
o      Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
o      Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
-    Rakyat
-    Wilayah
     ○ Pemerintah yang berdaulat
     ○Pengakuan dari negara lain



Pembahasan Materi :
Manusia sebagai mahluk individu dan sebagai mahkluk sosial (Zoon politicon)

Pengertian bangsa menurut para ahli

Menurut Otto Baur :
-          Bangsa adalah suatu bangsa terbentuk karena adanya suatu persamaan,satu persatuan karakter, watak dimana karakter atau watak ini tumbuh dan lahir karena adanya persatuan pengalaman
-          Negara adalah sustu tempat bernaung,berlindung suatu bangsa yang mempunyai tujuan hidup yang sama
-          Bangsa adalah satu kelompok manusia yang tinggal didalam suatu wilayah.

Unsur terbentuknya negara:Penduduk,wilayah,pemerintah,uu,dasar negara (secara Defakto/ konstitutif dan secara de jure di tambahkan dengan pengakuan dari negara lain.

Sumber,Alat dan Media Pembelajaran
1.Sumber
   Buku PKn kelas X,Yudistira,Erlangga,dll SMA
   Power poin (Hand out)
   UUD 1945
   Buku yang relevan
2.Alat
   Lks
   Hadiah
3.Media
   Papan tulis
   Lingkungan
   Spidol
   Leptop/computer
   Invokus

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
·         Memahami hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara

·        Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
·        Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
·     Siswa berlatih Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN/TAHAP PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.

Kegiatan Awal

-Mengajak semua siswa berdo’a
-Mengecek kehadiran siswa
-Membuka pelajaran dengan melakukan pretest secara      lisan
-Mendeskripsikan secara singkat bahan ajar dan menginformasikan indicator serta tujuan pembelajaran yang akan di capai, dalam bentuk motivasi belajar siswa
10
-  Kecakapan diri
-  Kecakapan berfikir
-  Kecakapan akademik


2.
 B.Kegiatan Inti Pembelajaran
Metode Pembelajaran :
Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)

1.Eksplorasi.
- Guru Menyampaikan kompetensi yang ingin   dicapai.
- Guru mempersiapkan Film ,sesuai dengan tujuan pembelajaran
-Guru menginformasikan kepada siswa sejarah keberadaan manusia secara individu sekaligus menjadi mahluk sosial ,dalam lingkungan kecil sampai besar di sebuah tempat/wilayah melalui filem./media
- Guru memberi petunjuk secara lisan ,dengan
memberikan penjelasan singkat tentang tayangan film yang akan di tayangkan
elesai film siswa di beri lks(lembaran kerja siswa

 2.Elaborasi.

-Siswa dikelompokkan kedalam 4 kelompok/tim asal
-Tiap orang dalam kelompok/ diberi bagian materi  yang berbeda
-Tiap orang dalam kelompok/tim diberi bagian yang ditugaskan
Indikator
-Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai  mahkluk individu dan mahkluk sosial
-Meguraikan pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
-Menganalisis pengertian Negara dan unsure terbentuknya negara
-Menginformasikan kepada siswa sejarah keberadaan manusia secara individu sekaligus menjadi mahluk sosial ,dalam lingkungan kecil sampai besar di sebuah tempat/wilayah melalui film./media
Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bagian yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli)mendiskusikan sub bab mereka
Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, tiap  anggota kembali kekelompok/tim asal  dan gentian mengajarkan teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh

3.Konfirmasi
   1.Tiap kelompok/tim  mempresentasikan hasil diskusinya
  2.Guru memberi evaluasi terhadap presentasi setiap kelompok
70
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
    Kegiatan Penutup
·      Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
·      Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
·      Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari
·      Guru bersama siswa melakukan refleksi
·      Kelompok yang belum presentasi di lanjudkan ninggu berikutnya.

15
-  Pengendalian diri



Penilaian dan tindak lanjut

III. Penilaian
-afektif
-kongnitif
-pengamatan diskusi
-presentasi

Alat penilai : lembaran observasi, LKS
1.jenis tagihan :tes non tes
2.Bentuk insrtumen:tertulis dan kinerja

Instrumen soal tertulis
Jawablah pertanyaan di bawah ini.    
1.Tulislah pengertian manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
2.Tulislah pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
3.Tulislah pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
4.Tulislah syarat berdirinya negara secara depakto dan pemerintah yang berdaulat
5.Tulislah syarat mendapatkan pengakuan dari negara lain

Penilaian
Setiap soal apabila benar (dengan sempurna) diberi skor 20, apabila keliru (tidak sempurna) diberi skor dibawah 20 (sesuai kebijakan guru), dan apabila salah sama sekali diberi skor 0.  jadi nilai tertinggi adalah 100 dan terendah 0.

 Tindak lanjud.
  1.Siswa diminta untuk membuat tugas mandiri
  2.Siswa diminta untuk membuat kliping serta argumentasinya tentang kehidupan dan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosia dan dikumpulkan minggu berikutnya.
  3.Siswa diminta untuk membuat tugas terstruktur sebagai tugas kelompok
  4.Siswa diminta membuat laporan diskusi dari hasil perbaikan,dalam bentuk power point

Mengetahui                                                                                    Pekanbaru.juli 2011  
Kepala MAN 1 PEKANBARU                                                    Guru Mata Pelajaran                                             
                                                                 


Dra. Hj. Hayatirruh, M.Ed                                                        Mirna Desmayanti,S.Pd
NIP. 19680112 199303 2 003                                                      Nip.197011102007012031                                                    














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar