RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Materi Pokok : Bangsa Dan Negara
Kelas /
Semester : X / I
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45’
Standar Kompetensi
1.
Memahami
hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Kompetensi Dasar
1.1
Mendeskripsikan
hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara.
Indikator
-
Mendeskripsikan
kedudukan manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
-
Meguraikan pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
-
Menganalisis
pengertian Negara dan unsur terbentuknya negara
-
Menginformasikan
kepada siswa sejarah keberadaan manusia secara individu sekaligus menjadi
mahluk sosial ,dalam lingkungan kecil sampai besar di sebuah tempat/wilayah
melalui film./media
Nilai PBKB-Religlus
- Jujur
- Demokratis
- Cinta Tanah Air
Kewirausahaan/ Ekonomi
Kreatif :
·
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
·
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan)
I. Tujuan Pembelajar
1.Siswa
dapat Mengkaji dari berbagai
literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu
2.Siswa dapat mengkaji dari berbagai
sumber tentang kedudukan manusia sebagai makhluk sosial.
3.Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian
literatur pengertian unsur terbentuk-nya
bangsa
4.Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian
literatur pengertian Negara
5.Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian
literatur unsur terbentuknya negara
6.Siswa dapat mengambarkan bagai mana
pemerintahan yang berdaulat
7.Siswa dapat mengambarkan bagaimana pengakuan
dari negara lain
II. Materi
Pembelajaran (Materi Pokok) :
Bangsa dan negara
o
manusia
sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
o Pengertian
dan unsur terbentuknya bangsa
o Pengertian
Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
-
Wilayah
○ Pemerintah yang
berdaulat
○Pengakuan dari
negara lain
Pembahasan Materi :
Manusia sebagai
mahluk individu dan sebagai mahkluk sosial (Zoon politicon)
Pengertian bangsa menurut para ahli
Menurut Otto
Baur :
-
Bangsa adalah suatu bangsa terbentuk karena adanya
suatu persamaan,satu persatuan karakter, watak dimana karakter atau watak ini
tumbuh dan lahir karena adanya persatuan pengalaman
-
Negara adalah sustu tempat bernaung,berlindung suatu
bangsa yang mempunyai tujuan hidup yang sama
-
Bangsa adalah satu kelompok manusia yang tinggal
didalam suatu wilayah.
Unsur
terbentuknya negara:Penduduk,wilayah,pemerintah,uu,dasar negara (secara Defakto/
konstitutif dan secara de jure di tambahkan dengan pengakuan dari negara lain.
Sumber,Alat dan Media
Pembelajaran
1.Sumber
Buku PKn kelas
X,Yudistira,Erlangga,dll SMA
Power poin (Hand
out)
UUD 1945
Buku yang relevan
2.Alat
Lks
Hadiah
3.Media
Papan tulis
Lingkungan
Spidol
Leptop/computer
Invokus
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
hakikat bangsa dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
·
Memahami
hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara
|
·
Menganalisis
pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
·
Menganalisis
pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
|
·
Siswa
berlatih Mendeskripsikan
kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
|
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN/TAHAP PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
(Menit)
|
Aspek
lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Kegiatan Awal
-Mengajak semua siswa berdo’a
-Mengecek kehadiran siswa
-Membuka
pelajaran dengan melakukan pretest secara lisan
-Mendeskripsikan
secara singkat bahan ajar dan menginformasikan indicator serta tujuan
pembelajaran yang akan di capai, dalam bentuk motivasi belajar siswa
|
10
|
- Kecakapan
diri
- Kecakapan
berfikir
- Kecakapan
akademik
|
|
2.
|
B.Kegiatan Inti Pembelajaran
Metode Pembelajaran :
Kooperatif Teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)
1.Eksplorasi.
- Guru Menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai.
- Guru mempersiapkan Film ,sesuai
dengan tujuan pembelajaran
-Guru menginformasikan kepada siswa
sejarah keberadaan manusia secara individu sekaligus menjadi mahluk sosial
,dalam lingkungan kecil sampai besar di sebuah tempat/wilayah melalui filem./media
- Guru memberi petunjuk secara lisan ,dengan
memberikan penjelasan singkat tentang tayangan
film yang akan di tayangkan
elesai film siswa di beri lks(lembaran kerja
siswa
2.Elaborasi.
-Siswa dikelompokkan kedalam 4 kelompok/tim asal
-Tiap orang
dalam kelompok/ diberi bagian materi yang
berbeda
-Tiap orang
dalam kelompok/tim diberi bagian yang ditugaskan
Indikator
-Mendeskripsikan
kedudukan manusia sebagai mahkluk
individu dan mahkluk sosial
-Meguraikan pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
-Menganalisis pengertian Negara dan unsure terbentuknya negara
-Menginformasikan kepada
siswa sejarah keberadaan manusia secara individu sekaligus menjadi mahluk
sosial ,dalam lingkungan kecil sampai besar di sebuah tempat/wilayah melalui film./media
Anggota dari
tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bagian yang sama bertemu
dalam kelompok baru (kelompok ahli)mendiskusikan sub bab mereka
Setelah
selesai diskusi sebagai tim ahli, tiap anggota kembali kekelompok/tim asal dan gentian mengajarkan teman satu tim
mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya
mendengarkan dengan sungguh-sungguh
3.Konfirmasi
1.Tiap kelompok/tim mempresentasikan hasil diskusinya
2.Guru memberi evaluasi terhadap presentasi
setiap kelompok
|
70
|
-
Disiplin
-
Kerjasama
- Keterampilan
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan,
peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
3.
|
Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi
kesalahan konsep
·
Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir
sebagai penguatan
·
Guru melakukan postes secara lisan tentang materi
yang dipelajari
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi
·
Kelompok yang belum presentasi di lanjudkan ninggu
berikutnya.
|
15
|
- Pengendalian
diri
|
Penilaian dan tindak lanjut
III. Penilaian
-afektif
-kongnitif
-pengamatan diskusi
-presentasi
Alat penilai : lembaran observasi, LKS
1.jenis tagihan :tes non tes
2.Bentuk insrtumen:tertulis dan kinerja
Instrumen soal tertulis
Jawablah pertanyaan di bawah ini.
1.Tulislah
pengertian manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
2.Tulislah pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
3.Tulislah pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya
negara
4.Tulislah syarat berdirinya negara secara depakto dan pemerintah
yang berdaulat
5.Tulislah syarat mendapatkan pengakuan dari negara lain
Penilaian
Setiap soal apabila benar (dengan sempurna) diberi
skor 20, apabila keliru (tidak sempurna) diberi skor dibawah 20 (sesuai
kebijakan guru), dan apabila salah sama sekali diberi skor 0. jadi nilai tertinggi adalah 100 dan terendah
0.
Tindak lanjud.
1.Siswa diminta untuk membuat tugas
mandiri
2.Siswa diminta untuk membuat kliping serta
argumentasinya tentang kehidupan dan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosia dan
dikumpulkan minggu berikutnya.
3.Siswa diminta untuk membuat tugas
terstruktur sebagai tugas kelompok
4.Siswa diminta membuat laporan
diskusi dari hasil perbaikan,dalam bentuk power point
Mengetahui
Pekanbaru.juli 2011
Kepala MAN 1 PEKANBARU Guru Mata Pelajaran
Dra. Hj. Hayatirruh, M.Ed Mirna
Desmayanti,S.Pd
NIP. 19680112 199303 2 003 Nip.197011102007012031
Tidak ada komentar:
Posting Komentar