RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
1. Nama
Sekolah : Madrasah
Aliyah Negeri 1 Pekanbaru
2. Mata Pelajaran :Pendidikan Kewarganegaraan
3. Materi
Pokok : Budaya
Politik
4. Kelas/Program : XI/I
5. Alokasi
Waktu: 2 x 45 Menit
KEMAMPUAN
DASAR/TUJUAN PEMBELAJARAN/INDIKATOR PENCAPAIAN
Standar Kompetensi
1. Menganalisis budaya
politik di Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan
pengertian budaya politik
INDIKATOR KETERCAPAIAN
Mendeskripsikan
pengertian budaya politik
Menjelaskan
orientasi masyarakat terhadap suatu sistem politik
.
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Religius, jujur, toleransi,, demokratis, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
●Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
●Berorientasi pada
tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
●Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
●Orientasi ke masa
depan (punya perspektif untuk masa depan)
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah proses belajar mengajar siswa diharapkan mampu :
●Mendeskripsikan pengertian budaya politik
●Mengidentifikasikan ciri-ciri budaya politik
●Mendeskripsikan macam-macam budaya politik
●Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya
●Mengidentifikasi perkembangan budaya politik
●Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat
MATERI PEMBELAJARAN
-Pengertian Budaya Politik
-Ciri-ciri budaya politik
-Macam-macam budaya politik
-faktor penyebab berkembangnya budaya politik di
suatu daerah
-Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
SUMBER,ALAT,DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.Sumber
Buku Pkn kelas X ,Yudistira
Power poin(Hand out)
UUD 1945
2.Alat-alat
Lks
Hadiah
3.Media
Papan tulis
Spidol
Leptop
Invokus
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mendeskripsikan
pengertian budaya politik
|
·
pengertian
budaya politik
|
·
Siswa
dapat
Menjelaskan orientasi
masyarakat terhadap suatu sistem politik.
|
PELAKSANAAN PEMBELAJARKAN/TAHAPAN PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu (Menit)
|
Aspek lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
1.
|
Pra Pembelajaran
a.Mengajak semua siswa berdo’a
b.Mengecek kehadiran siswa
c.Membuka pelajaran dengan melakukan pretest secara lisan
- d.Mendeskripsikan
secara singkat bahan ajar dan menginformasikan indikator serta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai,dalam bentuk motivasi belajar
|
10
|
-
Disiplin
-
Kerja sama
-
Keterampilan
|
Religius, jujur, toleransi,, demokratis, cinta tanah air, menghargai prestasi,
bersahabat
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
-Menguraikan tujuan dan nilai konstitusi.
-menjelaskan pengertian dasar
negara dan konstitusi negara.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
-Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4
orang, dinamakan kelompok kooperatif.
-Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus
dikerjakan masing-masing anggota kelompok kooperatif, yang terdiri
atas :
BUDAYA POLITIK
o Pengertian Budaya Politik
o Ciri-ciri budaya politik
o Macam-macam budaya politik
o faktor penyebab berkembangnya budaya
politik di suatu daerah
o Budaya politik
yang berkembang dalam
masyarakat
Jika jumlah siswa 30 orang, berarti terdapat 6 kelompok. Jadi
terdapat kelompok yang membahas materi sama.
F Setelah
selesai melakukan diskusi dalam
kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara
indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang
telah didiskusikan.
F Siswa
diminta menemui teman lain
yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas
yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas
siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota
kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang
membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
F Setiap anggota kelompok baru bertindak
sebagai ahli yang harus mencatat, ikut serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi.
F Kelompok ahli kembali berkumpul ke
kelompok kooperatif semula, bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
F Meminta perwakilan kelompok kooperatif
untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh dalam diskusi kelas
dan mengambil kesimpulan.
F Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang
mengalami kesulitan dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui.
|
70’
|
-
Kerja sama
-
Kesungguhan
-
Disiplin
-
Uji diri
|
|
3.
|
Penutup
a.Guru menanyakan keterkaitan materi yang ditayangkan
melalui infokus dengan materi lainnya
b.Guru menanyakan keterkaitan materi dengan kehidupan
sehari-sehari dalam keluarga,masyarakat,bangsa dan negara yang menjalankan
dasar negara dan konstitusi
c.Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
d.Menutup pelajaran dengan membaca do’a
-
|
20’
|
-
Pengendalian diri
|
PENILAIAN DAN TINDAK LANJUD
Penilaian
1.Afektif
2.Kognitif
3.Pengamatan diskus
4.Presentasi
Alat penilai;Lembaran observasi,lks
Tindak lanjut
1.Buatlah laporan diskusi dari hasil perbaikan dan di kirim
ke e-mail
Mengetahui Pekanbaru
Juli 2011
Kepala Sekolah Man 1 Pekanbaru Guru Mata Pelajaran
Dra.Hj.Hayatirruh.M.Ed Mirna
Desmayanti,S.Pd
Nip.19680112.199303.2.003 Nip:197011102007012031
TUGAS KELOMPOK
DALAM KEGIATAN
DISKUSI
1
Nama sekolah :………………………………………….
Kelas :…………………………………………….
Nama kelompok ;…………………………………………………..
Anggota kelompok ;---------------------------------------------------------------
1--------------------------------------------------------------
2-----------------------------------------------------------------
3--------------------------------------------------------------
4------------------------------------------------------------
5------------------------------------------------------------
6-------------------------------------------------------------
7---------------------------------------------------------------
8-------------------------------------------------------------
Standar Kompetens ;1.
Menganalisis budaya politik di Indonesia
Kompetensi Dasa :1.1. Mendeskripsikan pengertian budaya
politik
Materi pokok :Budaya
Politk
1.Pengertian Budaya Politik
2.Ciri-ciri budaya politik
3.Macam-macam budaya politik
4.faktor penyebab berkembangnya budaya politik di suatu daerah
5.Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
1.Siswa diminta mengambil reverensi dari internet
2.Siswa diminta merangkumnya
3.Siswa diminta mengirimkan hasil tugasnya ke e-mail
Mengetahui
Pekanbaru juli 2011
Kepala Sekolah Man 1
Pekanbaru Guru mata pelajaran
Dra.Hj.Hayatirruh.M.Ed Mirna
Desmayanti,S.Pd
Nip.19680112.199303.2.003 Nip:197011102007012031
Tidak ada komentar:
Posting Komentar